instagram kini menjadi salah satu sosial media terbaik untuk menarik pelaku bisnis dengan menjalankan promosi di sosial media instagram ini. Tak heran jika para pelaku bisnis berlomba – lomba menguasai dengan mencari tahu rahasia instagram marketing agar pengguna instagram akan sangat mudah terjangkau.
Bukankah seperti yang terlihat bahwa instagram kian hari semakin berkembang, selalu ada perubahan – perubahan meningkat dan terus meng-upgrade melalui fitur – fitur yang telah tersedia agar para pengguna tidak lari dari aplikasi tersebut. Apalagi instagram adalah salah satu aplikasi yang kini banyak sekali dipergunakan.
Small bussines juga tak luput memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan usaha dan bisnis yang mereka miliki. Apakah anda salah satunya yang memiliki usaha dan bisnis? Maka berikut adalah hal yang harus anda perhatikan dengan baik – baik.
pohonketelamenullis.com memiliki rahasia instagram marketing yang wajib diketahui oleh para influencer, content creator dan juga pelaku usaha. Sebelum itu mari kita cari tahu apa itu Instagram Marketing.
1. Apa itu Instagram Marketing?
Instagram marketing adalah sebuah upaya pemasaran yang dilakukan melalui instagram, untuk meningkatkan hasil penjualan dan melakukan promosi, hingga mendatangkan pengunjung agar tertarik untuk mengikuti akun dan produk – produk yang ditawarkan secara visual dan terlihat lebih efektif.
Instagram marketing biasa dilakukan oleh small business. Untuk menarik pelanggan, agar tertarik terhadap apa yang mereka tawarkan. Namun, instagram marketing bukan berlaku hanya untuk small business saja, tetapi sangat berlaku untuk seluruh akun termasuk pelaku content creator instagram, microbloggingĀ dan juga para influencer.
Instagram marketing juga dapat dilakukan dengan banyak cara. Uniknya, para pelaku usaha,Ā influencer atau content creator instagramĀ dan lain – lainnya tidak pernah kehabisan akan ide – ide yang sangat kreatif untuk mendatangkan pengunjung mereka.
2. Kenali Produk dan Target Market
Untuk terjun di dunia marketing, anda harus mengenali terlebih dahulu tentang produk apa yang ingin anda perkenalkan pada khalayak ramai. jika anda sendiri tidak mengerti produk apa yang ingin anda jual, bagaimana dengan konsumen? pasti juga akan merasakan pusing.
Untuk mengenali produk yang kita jual. Jadi, terlebih dahulu yang harus dipahami adalah produk / barang atau jasa apa yang ingin kita jual, apa manfaatnya, harganya dan lain – lain.
Jika anda sudah memahami produk yang ingin anda jual, maka anda harus menentukan target market anda sendiri. Target marketĀ memiliki tujuan kemana produk tersebut akan ditawarkan dan dipublikasi. Pointnya, kenali produk dan target marketmu sendiri.
3. Merek Perusahaan
Untuk memulai usaha, jualan, dan lainnya tentu kita harus memulai yang namanya company’s branding. Lalu, apa saja yang harus anda dipersiapkan? Berikut penjelasannya :
3.1 Merek
Setiap brand pasti memiliki mereknya sendiri. Merek atau yang sering dikenal dengan istilah brand ini adalah sebagai tanda pengenal, seperti simbol atau merek dagang. Merek dapat dikombinasikan dengan simbol, nama, tanda, istilah dan juga desain. Tentu merek lebih tinggi tingkatnya dari logo.
3.2 Logo

Logo adalah sebuah gambar atau bentuk berupa sketsa, lambang atau simbol yang memudahkan para konsumen untuk menandai dari logo apa produk tersebut.
Pada setiap Logo yang tercipta memiliki arti dan makna tersendiri, dimulai dari bentuk, tulisan dan juga warna. Maka jangan heran jika seorang pendesain logo mendapatkan nilai upah yang terbilang cukup tinggi.
Bahkan Hanya dengan sebuah logo saja mudah sekali bukan, terekam dalam ingatan kita?
3.3 Warna
Warna sangat berperan penting dalam marketing produk kita. Contoh saja Blogger, blogger identik dengan warna orange sedang wordpress identik dengan warna biru.
Carilah warna yang tepat untuk menandakan bahwa produk tersebut adalah milik kita, atau memudahkan konsumen mengingat warna dari logo / merek yang kita punya.
4. Memanfaatkan Fitur Akun Bisnis Instagram
Menurut Pohon Ketela, akun instagram terbagi dalam 3 bagian, Yakni, akun instagram pribadi, akun instagram privasi dan akun instagram profesional.
Akun instagram privasi sama sebetulnya sama saja dengan akun instagram pribadi, hanya saja. Akun instagram privasi ini akunnya tergembok atau terkunci. Sehingga orang lain tidak dapat melihat konten – konten yang telah di buat. Akun privasi biasanya dimiliki oleh orang – orang yang mengelolanya sebagai akun pribadi.
Akun instagram pribadiĀ merupakan akun milik pribadi namun tidak bersifat privasi dan tidak bersifat profesional, namun bersifat umum.
Akun Profesional di instagram ini memiliki 2 kategori yakni, bisnis dan juga creator. Jika anda memiliki bisnis maka pilihan ada di bisnis, beitupun dengan creator. Jika anda seorang content creator maka pilihannya adalah sebagai creator.
Jadi, dapat di pahami akun instagram yang anda kelola sekarang termasuk ke akun privasi, pribadi atau akun profesional?
5. Optimasi Profil Akun (Rahasia Instagram Marketing)
Point penting adalah Memodifikasi akun instagram kita, agar lebih dikenal oleh pengunjung dan tertarik terhadap apa yang kita tawarkan. Berikut adalah point dari setiap template akun yang harus kita perhatikan:
- Nama akun (username)
- Logo
- Keyword
- Akun Publik / Akun Profesional
- Deskripsi
- Kontak
- Link
- Story highlight
- Konten
Baca selengkapnya tentang Rahasia Instagram Marketing di pohonketelamenulis.com.
GIPHY App Key not set. Please check settings