in

Kuliner Khas Banyumas yang Bikin Ngiler

Keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai wisata kuliner yang sangat beragam dan unik. Olahan rempah dan bahan pilihan tentu menciptakan rasa yang sangat khas bagi masyarakat Indonesia. Salah satu keberagaman itu adalah kuliner nusantara populer

.

Kali ini saya akan membahas kuliner dari kota yang di beri julukan kota satria. Kota ini sangat kental dengan nuansa perjuangan, karena di sinilah jendral Sudirman di besarkan dan mengabdi. Dari kata-kata saya mungkin temen-temen sudah paham dengan yang yang saya maksudkan terkait pembahasan kali ini.

Betul sekali, Kabbupaten Banyumas, Jawa tengah. Kabupaten yang terkenal dengan bahasanya yang ngapak dan wiisata alam Baturraden ini, ternyata memiliki kuliner yang wajib di coba jika berkunjung ke Banyumas. Nah, apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Banyumas ? Kalau belum mari simak pembahasan kuliner di bawah ini yah.

1. Soto Sokaraja

Soto sokaraja adalah makanan paling wajib di coba ketika ke Banyumas, sebab Soto ini berbeda dengan soto di tempat lain. Pembedanya adalah rempah pilihan dan sambal kacang yang di aduk dengan kuah santannya. Untuk Pilihanya ada yang menggunakan daging kambing atau ayam. Harganyapun hanya sekitar Rp.10.000 – Rp.15.000, Yuk mari coba.

2. Kampel

Kampel adalah makanan khas Banyumas yang mempadukan antara Ketupat dengan Dage ( ampas tahu ). Untuk kalian yang suka pedas, ada juga kok yang di tambahi

sambel di dalamnya. Cara pembuatannya pun sama ketika menggoreng gorengan pada umumnya. Untuk harganya hanya sekitar Rp.500 saja, murah bukan ?.

3. Buntil

Buntil adalah makanan khas Banyumas yang ada sejak zaman penjajahan dulu. Buntil sendiri terbuat dari bahan dasar daun talas atau daun pepaya yang di buntel dengan isian parutan kelapa, cabai dan ikan teri kecil. Prosesnya adalah di kukus selama 2 jam lalu setelah itu di masak kembali menggunakan kuah santan. Untuk harganya hanya Rp.2000 – Rp.5000 Saja.

4. Getuk Goreng

Getuk goreng adalah cemilan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Cemilan ini memiliki rasa gurih dan manis yang sangat mendominasi. Untuk varian rasanya ada duren, coklat, nangka, tape dan masih banyak lagi. Untuk harganya biasanya di banderol sekitar Rp.10.000 Per Kotaknya. Satu kotak berisi sekitar 15 – 20 getuk.

5. Mendoan

Mendoan termasuk dalam kategori kuliner Gorengan. Mendoan sendiri terbuat dari tempe yang di fermentasi menggunakan daun pisang atau daun jati. Bentuknya pun berbeda pada tempe umumnya, mendoan ini tempenya berbentuk gepeng dan lebar. Untuk harganya sekitar Rp.1000 – Rp.2000 saja per ikatnya.

Nah, itulah 5 kuliner yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Banyumas. Untuk lokasi pembeliannya temen-temen bisa menemukanya di sepanjang jalan kota Purwokerto, karena setiap rumah makan pasti menyediakan 5 kuliner khas Banyumas di atas. Temen- temen bisa tuh sambil mencoba kuliner juga menikmati pemandangan kota Purwokerto.

Mungkin bagi temen-temen yang ingin menikmati suasana malam kota Purwokerto, bisa tuh mencoba duduk di depan alun alun Purwokerto sambil menikmati mendoan dengan sambal kecap manisnya. Sebab di sepanjang jalan Purwokerto ketika malam banyak sekali warung angkringan yang menyediakan mendoan.

Untuk getuk goreng Sokaraja temen-temen bisa juga mencarinya di toko oleh-oleh khas Banyumas yang tersedia di sepanjang jalan Purwokerto. Bagaimana ? Apakah temen-temen tertarik?

Written by Molzania

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Inilah 8+ Penyebab Skincare Tidak Cocok Lagi di Wajah Kita

Memilih Label Baju Untuk Produk Apparel Kalian