in

Istilah Dasar Blogger yang Wajib Diketahui Pemula

Sebagai seorang blogger, pastilah kita akan melakukan berbagai cara agar blog kita semakin meningkat untuk kualitas dan performanya. Mulai dari update blogpost secara berkala, tanam-tanam backlink, optimasi onpage, offpage dan lain sebagainya. Pertanyaannya, paham nggak sih istilah-istilah tadi?

Beberapa blogger pemula mungkin akan kebingungan dengan istilah-istilah tadi. Apalagi ketika belum punya teman dalam bidang blogging, pasti akan lebih bingung lagi karena gak tahu harus tanya kemana.

Untuk itu, pada artikel ini akan kita bahas tentang istilah apa aja sih yang ada di dunia blogging dan apa artinya. Mungkin gak langsung kita bahas semua ya, karena bakal panjang karena cukup banyak istilah-istilah meski dasar. Kita akan bahas secara berseri saja ya. Jadi silahkan bookmark profil saya di sini ya.

Istilah Dasar Dunia Blogging Yang Wajib Dipahami Pemula

Sebelumnya disclaimer dulu ya. Istilah-istilah ini saya artikel berdasar SEPENGETAHUAN saya. Jika ada kesalahan atau ‘missing’ boleh diskusikan di kolom komentar yak.

1. Blogpost

Blogpost ini biasa kita sebut postingan. Secara gamblang blogpost ini ya postingan blog itu sendiri. Atau konten yang ada di blog yang berbentuk single page. Yang mana sebagian besar isinya adalah teks atau artikel dengan gambar, video atau lainnnya sebagai ornamen pelengkap postingan itu sendiri.

2. Anchor Text

Anchor Text atau teks jangkar ini adalah teks yang mana di dalamnya telah diisi dengan link atau url suatu halaman situs, dan untuk menjalankan fungsi dari teks jangkar adalah dengan melakukan klik pada teks tersebut. Misalnya teks iniย yang apabila diklik akan masuk atau pindah ke halaman yang dituju (dalam hal ini halaman blog saya).

3. Domain

Domain itu ibaratnya nama jalan dalam sebuah alamat rumah. Untuk dapat menemukan rumah itu maka musti masuk ke jalan tersebut. Begitu pula dalam dunia blogging, untuk dapat membuka halaman web/blog kita maka musti masuk ke domain tersebut.

Contoh domain itu semisal facebook.com adalah domain dari Facebook, Bloggerhub.id adalah domain dari BloggerHub, atau ui.ac.id yang merupakan domain dari Universitas Indonesia. Intinya domain itu alamat utama yang musti diketik di browser untuk masuk ke halaman blog kita.

4. Sub-Domain

Sub-domain ini adalah klas ke dua atau bisa dibilang anak dari domain yang dijelaskan sebelumnya. Kalau penulisannya, subdomain ditulis di depan domain. Misalnya subdomain mail pada domain google.com.ย maka dalam penulisannya ditulis mail.google.com.

Untuk fungsinya masih sama dengan dengan domain, yakni sebagai alamat untuk membuka suatu halaman web/blog yang terpisah dengan web/blog pada domain utama namun masih dalam satu baris domain yang sama. semilal Google.com dan mail.google.com yang mana keduanya memiliki wesite yang berbeda (secara tampilan, fungsi, dll) namun masih dalam satu baris domain sama yakni google.com.

5. Internal Link

Internal link atau tautan internal adalah teks yang berisi link (anchor text) yang menaut url dari halaman lain di dalam web/blog yang sama. Misalnya pada halaman utama https://bloggerhub.id terdapat text yang di dalamnya berisi link ke https://bloggerhub.id/update. Artinya bloggerhub.id/update adalah internal link pada bloggerhub.id.

Gampangnya link antar halaman tapi masih dengan domain yang sama. Dalam contoh di atas adalah domain bloggerhub.id

6. External Link

External link atau tautan eksternal adalah sebuah text berisi link (anchor text) yang menaut url dari halaman di luar web tersebut. Misalnya adalah website https://bloggerhub.id ini yang pada footernya terdapat teks dengan link ke https://digitalic.id. Artinya digitalic.id adalah external link dari blogger hub.

Simplenya, link antar halaman namun halaman tujuan dengan domain yang berbeda. Dalam contoh di atas domain bloggerhub.id berbeda dengan digitalic.id.

7. Backlink

Backlink atau tautan balik adalah link pada situs web lain yang mengarah ke situs kita. Misalnya situs kita adalah bloggerhub.id. lalu pada situs lain (misal digitalic.id) ini memasang link dengan tujuan situs kita. Nah karena digitalic.id mengarahan linknya ke kita, maka bisa diartikan kita mendapatkan backlink dari digitalic.

Konsepnya sebenarnya sama dengan External Link pada poin sebelumnya. Bedanya, kalau External link ini terjadi pada pemilik blog asal. Sedangkan Backlink ini terjadi pada blog tujuan. Blog asal memiliki esternal link ke blog tujuan. Sebalinknya, blog tujuan mendapat backlink dari blog asal.

8. Hosting

Hosting ini adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menampung dan mengelola data suatu situs sebelum ditampilkan melalui website. Data situs yang dimaksud mulai dari gambar, text, script, hingga database.

Mirip-mirip seperti file manager pada HP kita, namun kalau file manager di HP itu hanya sebatas menampung file-file kita aja. Sedangkan hosting lebih dari sekedar menampung, tetapi juga bisa melakukan eksekusi pada script atau file situs yang sudah ditentukan.

9. Control Panel

Control Panel merupakan sebuah halaman di “balik layar” situs kita yang berguna untuk mempermudah dalam pengelolaan file pada hosting. Control panel juga membantu dalam mengelola atau memanfaatkan fitur hosting. Mulai dari domain, email, database, hingga file manager.

Di control panel kita juga bisa menemukan berbagai indikator tentang spesifikasi hosting yang digunakan. Mulai dari bandwith, disk space, RAM, dan lain sebagainya. Ini akan mempermudah dalam mengontrol hosting kita apakah masih dalam batas aman, atau bahkan overload penggunaanya.

10. SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimation. Adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengoptimalkan web atau blog kita di mesin pencarian. Tujuannya adalah agar web atau blog kita bisa masuk ke dalam halaman pertama dari hasil pencarian (disebut SERP – Search Engine Result Page).

Bukan hanya sampai di halaman pertama, target SEO adalah berada di urutan atas dari hari halaman pertama pada mesin pencari.

Misalnya mesin pencari milik Google. yang pada halaman hasil pencarian menampilkan hanya 10 hasil saja. Maka target pertama adalah masuk ke dalam salah satu dari 10 website tersebut. Target selanjutnya adalah menjadi pemimpin di 10 hasil tadi. Setidaknya berada pada rangking atau urutan 5 besar.

Mengapa? Karena orang-oang ketika mencari sesuatu di mesin pencari biasanya mereka hanya melakukan kunjungan ke 5 website pertama saja dan mengabaikan sisanya. Hal ini terjadi karena orang-orang sudah mendapatkan informasi yang dia butuhkan pada website yang awal ini. Karena sudah mendapatkan yang diinginkan, buat apa mencari lagi hingga ke halaman web lainnya?

Penutup

10 Istilah tadi masih cukup umum dan luas sebenarnya untuk dunia blogging. Mungkin untuk kedepannya bakal saya kelompokkan menjadi beberapa kelompok pembahasan. Mulai dari istilah-istilah saat optimasi blog, istilah-istilah teknis,istilah-istilah pada platform blogger, istilah-istilah pada wordpress self host, dan sebagainya.

Semoga saja mood saya sedang baik dalam membuatnya hehehe… Karena saya sendiri masih cukup akrab dengan aaktifitas ‘rebahan’. Oh iya jika menurut kalian ada istilah yang saya salah dalam pengartiannya boleh sampaikan dan didiskusikannya.

Saya David J – Cloteh.com, Terimakasih ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

3 Comments

Rahasia Instagram Marketing untuk Influencer dan Pelaku Usaha