in

4 Hal yang Harus Disiapkan saat Membuka Rekening Bank Online

Membuka rekening bank secara online kini menjadi salah satu pilihan saat kita memerlukan transaksi di bank. Untuk membuka rekening online, kita tidak diharuskan datang langsung ke bank. Mengapa harus membuka rekening bank online? Lalu apa sajakah yang harus disiapkan untuk membuka rekening bank online? Yuk simak pengalaman saya saat membuka rekening bank online.

Alasan memilih rekening bank online

Kini era internet di genggaman tangan, kita bisa dengan mudah berselancar di dunia maya melalui telepon genggam saja. Hal ini pun memudahkan kita untuk bertransaksi keuangan, termasuk di antaranya membuka rekening bank secara online. Ditambah lagi dengan musim pandemik yang belum usai, banyak orang yang menghindari berkerumun dan bertemu langsung dengan orang lain di luar rumah. Di bank pun terkadang antrian di CS dan teller itu membludak sehingga membuat orang malas datang langsung ke bank.

Biasanya saldo minimal rekening yang dibuka secara online lebih rendah daripada saldo rekening biasa.

4 Hal yang Harus Disiapkan saat Membuka Rekening Bank Online

Dengan penyebab tersebut di atas, banyak orang yang memilih membuka rekening bank secara online. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan:

1. Dokumen pribadi

Seperti membuka rekening bank yang biasa, kita akan dimintai dokumen pendukung seperti KTP dan NPWP. Dokumen tersebut nantinya akan difoto pada saat proses pembukaan rekening bank secara online, termasuk tanda tangan.

Terkadang jari suka “keseleo” sehingga tanda tangan menjadi sedikit berbeda. Buatlah tanda tangan yang sama persis dengan KTP, di kertas putih polos. Hal ini diperlukan karena bila tidak sesuai maka ¬†akan disuruh take ulang.

2. Foto selfie

Siapkan diri untuk foto selfie yang baik dan standar, tanpa bergaya macam-macam, dan mata fokus ke kamera hape.

3. Koneksi internet yang stabil

Berhubung pembukaan rekening bank ini dilakukan secara online, maka koneksi internet harus stabil karena akan ada sesi video call pada jam dan hari kerja.

Di sesi ini, CS online akan memeriksa kelengkapan dokumen, mencocokkan data pribadi, tanda tangan dan foto selfie. Bila ada yang kurang, kita harus mengunggah ulang dan menghubungi CS lagi via video call.

Saat semua sudah ok pun, CS akan memproses pembuatan rekening, video call harus tetap terhubung selama 20-30 menit, bila terputus maka proses akan diulang dari awal. Setelah proses pembuatan rekening selesai, baru video call ditutup.

4. Setoran awal, kartu debit dan m-banking

Setelah mendapatkan nomor rekening, kita diharuskan memasukkan setoran awal, bisa langsung ke teller atau via transfer. Kartu debit pun bisa dikirim ke alamat yang kita tentukan atau diambil langsung di CS bank terdekat. Begitu pula dengan aktivasi m-banking, kita bisa dimudahkan dengan aktivasi sendiri atau melalui CS bank.

Pilih mana: membuka rekening bank secara online atau offline?

Setelah membaca tulisan saya di atas, jadi Anda lebih prefer membuka rekening bank secara online atau offline?

Saran saya, bila memang orang yang tidak bisa datang langsung ke bank, membuka rekening secara online bisa menjadi pilihan, namun juga tetap harus bersabar karena waktu yang diperlukan pun lumayan lama, dan bila ada sesuatu yang ingin ditanyakan harus menelepon call center.

Namun untuk orang yang punya cukup waktu untuk antri dan bisa datang langsung, membuka rekening bank ke cabang terdekat akan menjadi pilihan lebih baik karena rekening bisa langsung jadi dan bisa dipandu langsung oleh CS untuk aktivasi m-banking.

Nah, pilihan kini di tangan Anda. Membuka rekening bank secara online memiliki kemudahan pun kekurangan, begitu pula membuka rekening bank seperti biasa.

Untuk tips lainnya, teman-teman bisa mengunjungi Cerita Oryza. Saya juga banyak berbagi pengalaman pribadi di blog lifestyle.

Written by Pipit ZL

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

10 Istilah dalam Google Ads yang Harus Pemula Ketahui

Tips Anti Ngantuk Saat Perjalanan