in

3 Kebun Raya yang Dekat dari Jakarta

Pengen deh jalan-jalan ke destinasi wisata yang hijau, luas, asri, dan sejuk gitu. Kemana ya enaknya?

Aha … mungkin kamu bisa berkunjung ke kebun raya. Selain berlibur, kamu juga bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata edukasi yang mana tahu, setelah kembali dari sana, banyak pengetahuan baru yang bisa kamu bawa pulang nantinya. Maunya hanya berfoto di antara rerimbunan pepohonan saja? Bisa kok. Siapkan saja outfit yang pas ya.

Beruntungnya bila kamu berdomisili di sekitaran Jakarta, ada 3 pilihan kebun raya yang bisa kamu kunjungi satu per satu. Tenang saja, berbagai flora yang ada di ketiga botanical garden tadi, berbeda-beda lho. Termasuk pula suasananya.

Mari kita mulai dengan kebun raya yang lokasinya cukup jauh.

Kebun Raya Cibodas

Berada di kawasan hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, masuk ke dalam wilayah Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu kebun penelitian botani di Indonesia, dimana kamu bukan hanya bisa mendapati berbagai flora lokal, tetapi juga dari negara lain, semisal tanaman Sakura yang merupakan tanaman khas dari Asia Timur.

Cibodas Botanical Garden yang saat ini pengelolaannya berada di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) – dulunya dikenal sebagai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kini telah dileburkan dalam BRIN – didirikan pada 11 April 1852. Awalnya, dijadikan sebagai lokasi pengembangan tanaman bernilai jual tinggi, salah satunya adalah Pohon Kina.

Jika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, kamu bisa menyambangi Taman Sakura yang bunga cantiknya mekar dua kali dalam setahun, sebab ditanam pada iklim tropis, yaitu sepanjang Januari – Februari, dan Juli – Agustus. Ada lagi Taman Paku-Pakuan, Taman Lumut, dan Taman Liana.

Kebun Raya Cibodas yang lebih banyak menyajikan jalan setapak naik turun bukit ini, juga punya dua air terjun yang bisa kamu hampiri. Curug Cibogo menjadi air terjun pertama dan paling mudah kamu temukan, sebab lokasinya nggak terlalu jauh dari kawasan parkir dan pintu masuk. Bahkan aliran airnya pun membelah jalan setapak yang biasa dilalui pejalan kaki di sana, dan disebut sebagai “Jalan Air”. Pakailah alas kaki yang mudah dipakai dan dilepas jika kamu datang untuk berpose di sekitar Jalan Air ini ya.

Sementara Curug Ciismun, menjadi air terjun yang membutuhkan usaha lebih dari para pengunjung Kebun Raya Cibodas untuk menjangkaunya. Kamu akan diajak untuk melakukan trekking cukup panjang, jika ingin menjajal segar dan sejuknya air di Curug Ciismun. Air terjun setinggi 25 meter ini mengalir di antara bukit Cibodas dan bukit Gunung Batu, sehingga akan nampak cantik kamu potret di pagi hari.

Kebun Raya Cibodas dengan berbagai flora khas dataran tingginya, sering memberi kesan seolah “berkunjung ke tepian hutan”. Siapkan dirimu dengan sedikit olahraga fisik rutin sebelum menjelajah ya.

Kebun Raya Bogor

Berada di tengah Kota Bogor, Kebun Raya Bogor menjadi pilihan wisata sejuk di tengah kawasan perkotaan. Kamu pun bisa sekadar jalan-jalan cantik jika berkunjung ke mari. Kalau kamu merasa lelah berjalan pun, pengelola sudah menyediakan mobil wisata. Pegunjung juga diijinkan membawa sepeda kok, untuk mengitari kawasan kebun raya kebanggaan Kota Hujan ini.

Jika dilirik dari sejarah panjangnya, Kebun Raya Bogor memang merupakan sebuah hutan buatan yang telah ada sejak masa Kerajaan Sunda, dan dituliskan pula dalam Prasasti Batutulis. Kemudian, di tahun 1800-an, kawasan hutan buatan yang letaknya mengelilingi Istana Bogor itu pun disulap menjadi taman indah, dan kemudian masih bisa kamu nikmati kecantikan dan keasriannya hingga sekarang.

Kawasan yang juga masih dijadikan sebagai tempat penelitian ini, lebih banyak dikenal sebagai salah satu tempat tumbuhnya Bunga Bangkai Amorphophalus titanum. Salah satu daya tarik langka dan waktunya sering nggak terprediksi nih dari Kebun Raya Bogor.

Di sini, pengunjung bukan hanya disuguhi pemandangan taman saja, melainkan juga adanya Museum Zoologi dengan berbagai koleksi faunanya yang diawetkan. Salah satu spesimen yang terkenal adalah tulang belulang dari Paus Biru yang membuat pengunjung bisa berjalan di bawahnya lho. Selain itu, ada Monumen Reinwardt yang berada di dekat Kolam Gunting, sebuah tugu penghormatan pada sang pendiri Kebun Raya Bogor, dan sering dijadikan tempat pengunjung untuk berpose ala ala klasik.

Banyak sekali tempat instagramable di Kebun Raya Bogor yang pasti menggodamu untuk berpose di sana juga. Mulai dari Taman Teijsman, Taman Bambu, Taman Makam Kuno Belanda, Taman Soedjana Kassan dengan keunikan bentukan Garuda jika dilihat dari atas, Taman Meksiko, Taman Akuatik sebagai tempat mempelajari tumbuhan air seperti Teratai, sampai ke Jembatan Gantung.

Jika kamu penyuka wisata museum pun, ada beberapa museum lainnya yang bisa kamu hampiri di luar kawasan Kebun Raya Bogor. Selain itu, lokasi kebun raya satu ini pun nggak terlalu jauh dari pusat kuliner Bogor, di jalan Suryakencana.

Kebun Raya Cibinong

Inilah kebun raya yang letaknya paling menempel dengan Jakarta Timur dan Depok, jika boleh disebut begitu. Alasannya, tentu saja, sebab lokasinya yang berada di Jalan Raya Jakarta – Bogor, sebuah jalan panjang yang menghubungkan Kota Bogor dengan DKI Jakarta. Jalan yang dulu sering dijadikan pilihan menuju Bogor sebelum adanya Tol Jagorawi.

Sebagai adik dari keenam kebun raya lainnya di Indonesia, Kebun Raya Cibinong yang baru saja diresmikan pada akhir 2020 ini, memiliki ciri khas sebagai taman botani dengan bentangan danau buatan yang cukup luas, dan jembatan kayu estetik yang melingkar cantik di tengah ketiga danaunya.

Sering diperkenalkan sebagai miniatur hutan tropis, sebenarnya sebelum menjadi kebun raya, kawasan yang berada di dalam wilayah BRIN Cibinong ini sudah lebih dulu dikenal masyarakat sekitar wilayah Cibinong dengan nama Danau Dora Ecopark. Ya … Danau Dora telah cukup lama menjadi ikon di Cibinong, termasuk tempat yang paling sering dipilih oleh para calon pengantin untuk melakukan sesi foto pre-wedding bertema danau.

Setelah dikembangkan menjadi kebun botani, kini Kebun Raya Cibinong mempercantik dua danau buatan lainnya, Danau Dori dan Danau Walini, sebagai wadah untuk mengenalkan pengunjung pada berbagai tanaman akuatik. Nggak jarang, akhirnya Kebun Raya Cibinong dijadikan tempat masyarakat sekitar untuk sekadar berolahraga bersama keluarga.

Apakah nuansanya mirip dengan Kebun Raya Bogor? Tentu saja berbeda. Sebab walau merupakan adik dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, tetapi pengelompokan tanaman yang ada di Kebun Raya Cibinong, lebih cenderung kepada tanaman air, pun familianya dikumpulkan berdasar berbagai pulau di Indonesia.

Selain itu, sebagai botanical garden yang baru saja dibuka dan memang belum banyak dikenal, Kebun Raya Cibinong menyediakan Taman Bermain Mayaksa di dalamnya, untuk membuat pengunjung makin nyaman berkunjung ke sini. Walau masih banyak proses pembangunan yang dilakukan di kebun raya milik Cibinong ini, kamu sudah bisa menikmati suasana taman dan danau cantiknya kok.

Jadi, di antara ketiga kebun raya yang lokasinya nggak jauh dari Jakarta ini, mana nih yang sudah siap kamu kunjungi dalam waktu dekat?

Written by Akarui Cha

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mitos SEO yang Saat Ini Masih Dipercaya

Manfaat Submit Url Blog Ke Google News